Apa yang dimakan ? - Diet Paleo Indonesia


Apa yang dimakan dalam Diet Paleo ??

Itu pertanyaan yang seringkali datang kepada saya saat saya menceritakan tentang Diet Paleo, pertanyaan yang pasti akan anda tanyakan juga seketika setelah membaca tentang Diet Paleo ini. Tidak sedikit orang menghubungi saya dan bertanya mendetail mengenai jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan dalam Diet Paleo ini. 

Dalam diet ini kita memakan hampir semuanya namun dalam jumlah dan takaran yang cukup, seperti apa misalnya ? 


Menu makan dalam Diet Paleo ini sebenarnya hampir sama dengan Diet (pola makan) yang kita makan sehari-hari, namun ada sedikit perbedaan apabila disesuaikan dengan menu makan umumnya untuk Orang Indonesia. Menu makanan Diet Paleo benar-benar meninggalkan segala bentuk dan jenis Nasi, ketan, gandum, maupun kentang. Yang dimakan dalam Diet Paleo adalah segala hal yang pada dasarnya meniru pola makan dari nenek moyang kita pada masa paleolitikum yaitu berburu dan mengumpulkan makanan. Tapi kita tidak perlu se-ekstrim itu dan masuk hutan untuk mencari makanan, kita bisa membelinya dipasar dan menambahkan olahraga jalan pagi atau lari pagi untuk kegiatan kebugaran fisik kita.

Berikut ini aturan yang saya pahami dan saya tetapkan untuk diri saya sendiri dalam diet paleo saya, anda bisa menirunya dan menerapkannya jika ada yang anda suka.

Makan dalam porsi yang CUKUP.
Pertama-tama, tidak ada takaran seberapa kilo kalori makanan yang harus dimakan, pada intinya anda sebaiknya makan sampai anda merasa cukup kenyang, jangan makan sampai anda terlalu kenyang. Karena bagaimanapun, jika anda makan terlalu kenyang, anda akan jadi malas bergerak, anda malas untuk berjalan, malas untuk naik tangga, bahkan mungkin anda akan menjadi lebih gemuk dari anda sekarang.

Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.
Uniknya dari proses berburu dan mengumpulkan makanan yang dilakukan oleh para manusia zaman batu adalah mereka tidak menyadari dan peduli masalah Protein, Karbohidrat, dan Lemak. Mereka tidak memahami itu dan mereka tidak mempedulikannya, tahunya hanya makan pada saat lapar dan berhenti makan saat mereka cukup kenyang atau makanannya habis. Menu mereka juga hanya buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan daging atau ikan.

Membuat makanan tetap sehat.
Pastikan anda memakan makanan yang sehat, anda tentunya tidak akan memakan bagian daging yang berwarna putih (bagian lemak atau lebih dikenal dengan sebutan gajih ) kan ? itu memang lemak, tapi bukan lemak yang sehat. Anda bisa mendapatkan sedikit lemak dari kacang-kacangan dan daging, meskipun sebenarnya anda tidak memerlukan lemak dalam jumlah yang banyak (negara kita ada di iklim tropis, kita tidak butuh lemak sebanyak orang eskimo). Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam membuat makanan anda agar tetap sehat :
  1. Hindari lemak (bagian putih yang tampak seperti minyak kental pada daging).
  2. Mencuci buah dan sayur dengan air garam, ini untuk menetralisir pestisida yang menempel/tertinggal.
  3. Memasak daging sebelum dimakan, kita tidak memiliki pencernaan seperti manusia Gua yang bisa memakan daging mentah.
Mengurangi atau Menghindari makan produk / olahan padi2an.
Seperti yang saya sampaikan di postingan saya sebelumnya, segala bentuk padi-padian (rumput-rumputan) itu sebaiknya tidak konsumsi. Perut kita tidak didesain untuk mengolah beras atau gandum. Untuk manusia bisa memakan beras atau gandum dibutuhkan proses  yang panjang dan energi yang besar untuk merubahnya. Seperti halnya seekor singa, dia tidak akan memasak buah menjadi sesuatu yang bisa dimakannya, dia Singa akan memakan sesuatu yang memang disiapkan oleh alam untuknya.

Selamat Diet dan semoga sukses ;)

4 comments:

Yang saya baca di buku Primal Paleo-nya Mark Sisson, kita boleh lho mengonsumsi lemak hewan, termasuk tallow (lemak sapi) :)

kalau menurut Nee itu cocok untuk dikonsumsi ya silahkan dikonsumsi, karena saya merasa ndak cocok mengkonsumsi itu.

tapi bukannya itu ya perbedaan paleo/primal sama diet lainnya? kita boleh makan lemak hewan. Kalau yang saya baca "Eat the fattiest cuts you can get." Dan paleo justru menekankan daging dan sayuran, dengan mengutamakan sumbernya juga (sayuran & buah : organik, daging : grass-fed / pastured) dengan buah-buahan dan kacang-kacangan dikonsumsi secukupnya. Primal blueprint-nya Mark Sisson adalah paleo diet yang lebih fleksibel dan sesuai untuk orang modern. Lihat ini untuk food pyramidnya http://www.marksdailyapple.com/introducing-the-new-primal-blueprint-food-pyramid/#axzz2aflzEl9K

Nice blog! Semoga paleo makin bertambah peminatnya di Indonesia, amin :)

saya temukan artikel menarik juga mengenai diet,

http://www.dietdoctor.com/wp-content/uploads/2011/03/LCHF-in-Indonesian.pdf

Semoga bermanfaat.

Post a Comment