Mengenal Diet Paleo

Apa itu Diet Paleo ?


Diet Paleo adalah pengaturan pola makan kita mengikuti sebagaimana nenek moyang kita makan, maksudnya disini adalah bagaimana awal mula dari nenek moyang kita sebelum peradaban dimulai. Paleo adalah diet (pengaturan pola makan) dengan menggunakan prinsip-prinsip yang pada jaman dahulu kala dipakai oleh pada nenek moyang kita di jaman batu, jadi diet paleo adalah makan seperti yang dimakan oleh manusia manusia gua. Tapi tunggu dulu, itu bukan berarti kita harus menyantap makanan mentah seperti mereka, tentunya kita telah mengalami banyak sekali evolusi dan tentu saja kita memiliki struktur pengolah makanan yang telah berbeda dengan mereka. Mungkin nenek moyang kita akan baik-baik saja dan malah enak memakan daging mentah setelah memotong binatang hasil buruan mereka, tetapi kalo kita yang sekarang ini melakukannya.. bisa runyam perut kita jadinya :D

Apa bedanya dengan diet pada umumnya yang mengurangi makan dan sebagainya itu ? tunggu dulu, diet ini pada intinya adalah membantu anda mencapai berat badan ideal dengan tidak mengurangi makan atau menyiksa diri ber-jam-jam di gym. Diet ini membantu anda membentuk tubuh seperti yang diimpikan, dan diet ini bisa menyelamatkan anda dari Diabetes, Jantung Koroner, ataupun berbagai penyakit kronis yang sekarang ini sangat mudah sekali menyerang manusia, mau tahu kenapa? sebaiknya anda baca, karena mungkin keluarga dan orang tercinta anda bisa tertolong sebelum terlambat. Saya janji, diet ini akan mudah..




Saya mengenal diet ini baru saja, dan sangat tertarik sekali untuk mempraktikkannya, karena diet ini tidak terlalu 'menyiksa' dan 'melelahkan'. Pada intinya, seperti diet yang lainnya, Diet Paleo memiliki beberapa elemen penting didalamnya, Diet Paleo memiliki 3 (tiga) elemen penting dan saling terkait, yaitu Nutrisi (gizi), Kebugaran (fitness) dan Gaya Hidup (lifestyle).

A. Nutrisi

Filosofi dasar di balik nutrisi Paleo adalah kita makan seperti yang telah disediakan oleh alam untuk kita makan. Manusia telah memakan daging dan sayuran selama jutaan tahun. Padi-padian mulai diperkenalkan kepada makanan kita sejak 10.000 tahun yang lalu. Mungkin terlihat seperti sudah lama sekali, padahal hanya sekitar 333 generasi. Evolusi tidak terjadi dengan cepat. Selama tiga atau empat generasi terakhir, pola diet kita mungkin telah mengalami perubahan lebih banyak dari sebelumnya. Kita sekarang memiliki banyak makanan baru yang belum pernah kita makan sebelumnya,  makanan yang sama sekali tidak optimal bagi kebutuhan tubuh kita. Makanan-makanan baru yang memiliki hasil yang tidak diinginkan didalam tubuh kita. Dan dalam periode waktu yang sama, secara signifikan banyak sekali peningkatan penyakit modern dan obesitas. Kebetulan? :)


B. Kebugaran
Kebugaran adalah sesuatu yang setiap orang harus jaga sebagai bagian dari kehidupan yang normal dan sehat. Paleo aktif mengurangi resiko terjadinya cardio kronis. Sebaliknya kita harus bergerak sebanyak yang kita bisa, setiap hari. Banyak berjalan di tempat kerja, jangan gunakan lift dan sebaliknya naikilah tangga, bergerak! Kekuatan benar-benar penting, tapi ini bukan berarti Anda harus menghabiskan berjam-jam di gym setiap hari, atau membentuk tubuh seperkasa patung pahatan para seniman. Para pemburu jaman dahulu pasti akan bingung melihat manusia modern saat ini pada ruangan sambil menggunakan mesin, dan berolahraga selama berjam-jam. Mereka tidak akan melakukan apapun  untuk latihan fisik. Latihan mereka semua akan sebagai bagian dari kehidupan mereka seperti berburu hewan, mengumpulkan makanan, bahkan mungkin menari sebagai acara sosial. dan mereka pasti telah melakukan ini tanpa alas kaki juga! Jadi bagaimana kalau anda mulai mencari cara untuk menggerakkan tubuh anda saat bekerja ? :)


C. Gaya Hidup
Stress adalah sebuah masalah besar dalam gaya hidup, tanpa banyak disadari, stress lebih banyak berasal dari ketidak-seimbangan hormon dalam tubuh manusia. Apa anda menyadari berapa banyak anak-anak muda disekitar anda yang secara emosional tidak berkembang dan tidak sehat ? mereka bertingkah 'Alay' dan mudah Depresi. Apa anda melihat kaitannya sekarang dengan semakin banyaknya Fastfood dan instant food yang jumlahnya semakin banyak? 
Tidur yang cukup atau istirahat yang cukup sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, sebagaimana makanan yang kita cerna dan makan, apabila tidak didukung dengan istirahat yang cukup, maka tubuh kita akan kesulitan untuk menjaga keseimbangan hormon yang beredar didalamnya.

Jadi apa saja yang bisa kita makan untuk memulai diet ini ? berikut ini list makanan yang bisa kita konsumsi dalam Diet Paleo ini


Diet Paleo ini juga dikenal dengan sebutan Primal, diet Caveman,  diet Zaman Batu atau bahkan Diet Paleolitik. Tetapi apapun sebutannya, semuanya sama saja :)

2 comments:

buah2an apa saja yg tdk boleh di makan pd diet paleo ini?

Paleo..
Seperti paleolitikum..? Apakah dari kata tersebut?

Post a Comment