Menyesuaikan Diet Paleo di Indonesia - Mengatasi masalah NASI

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia kita memiliki satu jenis makanan pokok, yaitu nasi. banyak pelaku Diet Paleo yang ada dalam tuntunan saya merasa amat sangat kesulitan untuk menyesuaikan diri mereka dengan gaya hidup dalam diet paleo ini. Malah ada istilah, "kalau belum menyantap nasi, sama saja belum makan", padahal mungkin saja sudah menghabiskan banyak sekali roti lho.. 

Lalu bagaimana solusinya ?

Pertama kita pelajari bersama, apa sih manfaat dari makan nasi ini ?

Dalam menu makan orang Indonesia pada umumnya dan normalnya, nasi adalah sumber karbohidrat yang paling tinggi, dan karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Jadi apakah nasi penting untuk ada dalam menu keseharian kita ? jawabannya bisa iya, bisa tidak. 



Sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Medical Jurnal disini dengan jelas menyatakan bahwa mengkonsumsi nasi akan meningkatkan resiko seseorang untuk terkena diabetes type 2, apa itu diabetes type 2 ? bisa dibaca di artikel ini atau anda bisa googling untuk lebih jauh mengenalnya. Pada intinya tidak enak dan tidak menyenangkan sama sekali. 

Pada usia anak-anak dan remaja, mengkonsumsi nasi amat sangat disarankan dan penting sekali, malah ada istilah lama di Indonesia yang menyatakan 4 sehat dan 5 sempurna.



Disitu juga jelas sekali jika disebutkan bahwa Nasi adalah bagian dari  4 Sehat. Tapi itu dulu, sebelum penelitian lebih lanjut dilakukan oleh banyak institusi medis yang ada di Indonesia. Kenyataannya, dilingkungan saya, ada banyak orang yang tidak lagi mengkonsumsi nasi yaitu teman-teman yang telah terkena diabetes. Mereka lebih banyak mengganti Nasi ini dengan Kentang rebus, kentang kukus dan lainnya. Namun tidak sedikit juga yang tetap mengkonsumsi nasi dengan jumlah yang terbatas. Jadi bagaimana jika kita sudah amat sangat terbiasa dan tergantung sekali pada Nasi ?

Meskipun anda tidak memiliki masalah kesehatan, ada baiknya anda tetap membatasi jumlah konsumsi Nasi yang anda makan. Bisa jadi jika sebelumnya anda memakan 1 piring penuh, dikurangi menjadi separuh dalam tiap sesi makan anda. Jika anda masih merasa lapar, anda bisa menggantinya dengan memakan buah atau makanan lain yang sesuai dengan pola makan diet paleo.

Stay fit, stay health and keep Paleo.


1 comments:

Konsepnya hampir sama sih dengan diet herbalife cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu :-)

Post a Comment